Paper -Prospek Masa Depan Terkait Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta


Paper – Prospek Masa Depan Terkait Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta

Anggota Kelompok:

Muhammad Dwinoviko Kahadani | 15413037
Muthahhari Wali Hidayatjati | 15413056
Ridho Alfian Ogulin Mayo | 15413063

Abstrak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, reklamasi adalah usaha memperluas tanah dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna, seperti rawa-rawa. Reklamasi lahan dapat diartikan sebagai pengadaan lahan baru dengan melakukan penimbunan di wilayah sungai, rawa, maupun laut untuk menambah lahan yang dapat dimanfaatkan. Reklamasi merupakan pilihan yang dapat diambil bila dibutuhkan pembangunan namun lahan tidak tersedia. Lahan baru hasil reklamasi dapat digunakan sebagai wilayah pertanian, permukiman, atau fungsi lainnya. Reklamasi yang terkenal berhasil dilakukan di dunia diantaranya reklamasi lahan pantai di Belanda dan Dubai, UEA. Reklamasi di Belanda lebih ditujukan untuk mengatasi isu banjir laut/rob akibat rendahnya permukaan tanah dibandingkan permukaan laut.

Indonesia sebagai negara kepulauan juga memiliki banyak potensi untuk melakukan reklamasi lahan yang bukan berarti mudah dan murah melakukannya. Butuh alasan yang kuat untuk melakukan reklamasi mengingat reklamasi hanya menguntungkan satu wilayah saja sehingga butuh pendanaan yang datangnya dari daerah bukan dari pusat. DKI Jakarta sebagai ibukota memiliki pendapatan asli daerah yang tinggi jika dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Banyak proyek pengadaan infrastruktur yang dikerjakan demi memenuhi kebutuhan dasar penduduknya. Namun ada kesulitan yang selalu muncul setiap tahun sekali yang anehnya sulit diatasi. Masalah banjir.

Banjir di Jakarta terjadi karena curah hujan yang tinggi yang tidak bisa dialirkan dengan baik ke laut. Banjir juga terjadi karena adanya limpahan air dari Kabupaten Bogor sebagai hulu dari sungai-sungai yang ada di Jakarta. Selain itu Jakarta berlokasi di dekat laut sehingga banjir juga datang dari laut dalam bentuk “rob”, yang kondisinya diperparah oleh adanya penurunan permukaan daratan akibat penurunan muka air tanah di Jakarta- terutama Jakarta Utara -akibat dari eksploitasi air tanah yang berlebihan. Isu global seperti pemanasan global yang mengakibatkan meningkatnya permukaan air laut juga memperparah banjir di Jakarta.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi mengakibatkan tingginya demand akan lahan untuk tempat tinggal dan berkegiatan. Padahal lahan tidak bertambah seiring bertambahnya penduduk yang lahir maupun hasil migrasi. Kebutuhan akan lahan ini jika dibiarkan akan mengganggu kegiatan lainnya. Lahan yang tadinya diperuntukkan untuk waduk, malah digunakan sebagai tempat tinggal. Hal tadi dapat memperburuk bencana banjir yang ada.

Permasalahan tadi menjadi dasar yang kuat untuk melakukan reklamasi. Sebelumnya pernah dilakukan reklamasi tapi hanya untuk kepentingan swasta yang pastinya tidak dilakukan untuk mengatasi masalah diatas. Pada tahun 1995, Pemerintah DKI Jakarta merencanakan reklamasi untuk mengatasi masalah banjir dari air laut di Pantai Utara Jakarta. Hingga sekarang proyek tersebut belum selesai karena ada pro dan kontra terhadap keberlanjutan proyek reklamasi. Pada tulisan ini, penulis ingin melihat kedepan apakah proyek reklamasi yang pada selang waktu 2015 – 2016 ini mulai hangat lagi diperbincangkan di media umum karena pemerintah memulai kembali proyek ini dan mulai ada feed back dari masyarakat sekitar. Penulis ingin melihat seberapa jauh proyek ini berjalan dan apa dampaknya terutama ke masyarakat sekitar lokasi proyek. Untuk itu penulis menggunakan metode scenario planning untuk membagi masa depan menjadi skenario-skenario tertentu, dan metode historical analysis untuk melihat dampak dari reklamasi yang sudah pernah dilakukan di Negara Belanda.

Download Paper Versi Lengkap: Prospek Masa Depan Terkait Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s