Paper – Kecukupan Air di Indonesia pada Tahun 2040


Paper – Kecukupan Air di Indonesia pada Tahun 2040

Anggota:

Mas Zulfah Kamaliyatul A. | 15412033

Nadia Agni Sheilla | 15412055

Air dalam kehidupan manusia mempunyai fungsi yang sangat vital. Kegiatan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari air. Mulai dari mandi, mencuci, memasak sampai dengan elemen tubuh manusia salah satunya juga terdiri dari air. Oleh karena itu, air bersih yang tidak mengandung unsur kimia yang membahayakan dan mengganggu fungsi tubuh manusia sangat diperlukan (Ariyanto, 2007).

Kondisi ketersediaan air di dunia sebenarnya begitu melimpah ruah, namun air yang layak untuk digunakan dan dikonsumsi oleh manusia terutama untuk keperluan air minum sangatlah sedikit. Dari total jumlah air yang ada, hanya lima persen saja yang tersedia sebagai air minum, sedangkan sisanya adalah air laut. Selain itu, kecenderungan yang terjadi sekarang ini adalah berkurangnya ketersediaan air bersih itu dari hari ke hari. Akibat semakin meningkatnya populasi dan laju pembangunan yang mengakibatkan semakin besar pula kebutuhan akan air bersih. Sehingga ketersediaan air bersih pun semakin berkurang. Selanjutnya, semakin meningkatnya kasus pencemaran air dan adanya ketidakmampuan penyediaan sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan air bersih yang berteknologi tinggi membuat ketersediaan air yang dibutuhkan semakin tidak mampu diwujudkan.

Persoalan terkait ketersediaan air bersih tersebut saat ini menjadi perhatian khusus di dunia baik oleh negara maju maupun negara yang sedang berkembang, seperti Indonesia.  Sebagai salah satu negara berkembang yang kaya air tidak lepas menghindarkan Indonesia dari permasalahan penyediaan air bersih bagi masyarakatnya. Salah satu masalah pokok yang dihadapi adalah kurang tersedianya sumber air bersih, belum meratanya pelayanan penyediaan air bersih terutama di pedesaan dan sumber air bersih yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal. Di kota-kota besar sumber air bersih yang dimanfaatkan oleh PDAM telah tercemari oleh limbah industri dan limbah domestik, sehingga beban pengelolaan air bersih semakin meningkat (Ariyanto, 2007).

Adanya persoalan terkait ketersediaan air bersih tersebut, tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab akan mengakibatkan persoalan yang besar terhadap keberjalanan kehidupan manusia dan menjadi hambatan terbesar dalam perkembangan wilayah. Untuk itu perlu kiranya dilakukan upaya-upaya solusi yang sebaiknya segera dilakukan.

Adapun dalam menetapkan upaya tersebut tentu terlebih dahulu perlu dilakukan kajian mengenai proyeksi terkait kecukupan air pada jangka tahun tertentu disuatu wilayah, dalam hal ini adalah Indonesia. Agar diperoleh gambaran terkait kondisi kecukupan air sehingga mempermudah upaya menskenariokan penerapan solusi kedepan. Berdasarkan hal tersebut, maka penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk mengetahui kecukupan air bersih di Indonesia pada tahun 2040.

Download Paper Versi Lengkap : Paper – Kecukupan Air di Indonesia pada Tahun 2040

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s