Paper – Apakah Indonesia dapat Mencukupi Kebutuhan Air Bersih pada Tahun 2040?


Paper – Apakah Indonesia dapat Mencukupi Kebutuhan Air Bersih pada Tahun 2040?

Anggota:

Dini Karunia Alfaerdanta | 15412007

Ernatia Wati | 15412069

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan secara berkelanjutan. Penggunaan air bersih sangat penting untuk konsumsi rumah tangga, kebutuhan industri, dan tempat umum. Pentingnya kebutuhan akan air bersih menyebabkan air bersih mendapatkan prioritas yang tinggi karena menyangkut kehidupan orang banyak. Penanganan akan pemenuhan kebutuhan air bersih dapat dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada. Salah satu contohnya adalah sistem perpipaan air bersih di perkotaan yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan sistem non perpipaan yang dikelola oleh masyarakat baik secara individu maupun kelompok.

Kebutuhan akan air bersih merupakan kebutuhan yang tidak terbatas dan berkelanjutan. Kebutuhan yang terus meningkat tersebut terkadang tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan pelayanan sarana dan prasarana air bersih. Peningkatan kebutuhan air bersih ini disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk, peningkatan derajat kehidupan warga serta perkembangan kota/kawasan pelayanan maupun hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan kondisi sosial ekonomi warga.

Dari kebutuhan air bersih yang terus meningkat ini, maka perlu diketahui bagaimana prediksi kebutuhan air di masa depan dan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk prediksi kebutuhan air di masa depan maka perlu diketahui kebutuhan dan ketersediaan air di masa sekarang. Selain itu, berbagai inovasi baru juga dibutuhkan untuk penyediaan air bersih dengan cara yang efektif dan efisien.

Download Paper Versi Lengkap: Paper – Apakah Indonesia dapat mencukupi kebutuhan air bersih pada tahun 2040

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s