Paper – Analisis Kecukupan Air pada Indonesia tahun 2040


Paper – Analisis Kecukupan Air pada Indonesia tahun 2040

Anggota:

Kintani | 154112015

Ade | 15412047

Air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam melangsungkan hidupnya. Kebutuhan akan air ini sangat vital karena manusia tidak dapat terlepas dari air untuk minum, mandi, mencuci, wudhu bagi umat muslim, bercocok tanam, segala macam kebutuhan hidup dan pekerjaan pasti membutuhkan air. Namun, issu global mengenai krisis air mulai gempar dibicarakan. Menurut data, 70% permukaan bumi kita adalah air. Akan tetapi dari semua air itu 97 % adalah air asin dan sisanya 3% adalah air tawar. Prosentasi air tawar tadi masih dibagi dengan es, air tanah, air permukaan dan uap air. Selain itu, tidak semua air tawar layak untuk diminum. Itu juga belum termasuk air yang tercemar oleh manusia. Dan tidak semua daerah di dunia ini mendapatkan porsi air yang cukup. Hal ini lah yang menjadi kecemasan terancamnya ketahanan air dimasa depan. Terlebih lagi pertumbuhan penduduk yang meningkat tajam mampu mempercepat laju permintaan air di masa depan.

Berdasarkan kondisi air (kualitas maupun ketersediaan) di Indonesia, potensi sebagai negara yang kaya air tidak mampu menghindarkan Indonesia dari krisis air bersih. Setiap kali musim kemarau tiba berbagai daerah mengalami kekeringan air. Bahkan ketika musim penghujan pun krisis air bersih tetap mengintai lantaran surplus air yang kerap mengakibatkan banjir sehingga sumber air tidak dapat termanfaatkan. Berdasarkan data yang ada, Indonesia memiliki lebih dari 500 danau dan cekungan air di Indonesia diperkirakan mempunyai total volume sebesar 308 juta meter kubik.

Dari data tersebut Indonesia tidak terbantahkan sebagai negara yang kaya akan ketersediaan air. Sayangnya potensi ketersediaan air bersih dari tahun ke tahun cenderung berkurang akibat rusaknya daerah tangkapan air dan pencemaran lingkungan yang diperkirakan sebesar 15–35% per kapita per tahun. Padahal di lain pihak kecenderungan konsumsi air bersih justru naik secara eksponensial. Berdasarkan hal tersebut, ancama krisis air di masa depan tidak dapat dihindarkan. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui kesiapan Indonesia dalam menghadapi krisis air pada tahun 2040.

Download Paper Versi Lengkap: Paper – Analisis Kecukupan Air pada Indonesia tahun 2040

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s