Paper Review – Kota Bawah Air


TUGAS 1 – Paper review

Judul Paper: Kota Bawah Air
Penulis: Revalinda Nur Amalia

Anggota Kelompok:

Asyrafinafilah Hasanawi | 15413013
Raniasih Sasmitari | 15413011
Ana Rossika | 15413034

Bumi adalah tempat tinggal makhluk hidup dengan berbagai aktivitasnya. Makhluk hidup, terutama manusia, dengan aktivitas yang beragam-ragam membutuhkan ruang untuk bisa berkegiatan. Namun, bumi kita yang terdiri dari daratan dan lautan ini memiliki keterbatasan kapasitas. Setiap Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, penduduk dari setiap Negara terus bertambah, aktivitas manusia akan semakin kompleks sehingga kebutuhan akan ruang tidak akan terus berhenti. Sementara daratan memiliki keterbatasan kapasitas dalam menampung kebutuhan ruang tersebut. Jika berbicara dalam konteks kota, berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka pengembangan perkotaan, baik dengan proses intensifikasi atau ekstensifikasi, bahkan membuat kota baru.

Selain itu, fenomena lain yang sedang mengancam keberlangsungan hidup manusia adalah pemanasan global. Hampir semua orang tahu bahwa pemanasan global dapat menyebabkan permukaan air laut meningkat pesat sehingga daratan terutama yang berada di sekitar pantai bisa tenggelam. Hal ini merupakan sesuatu yang mau tidak mau akan terjadi, hanya waktu yang tidak dapat diprediksi. Manusia hanya bisa menunda atau memperlambat buah dari pemanasan global itu untuk tidak terjadi, atau hal lain yang lebih futuristik adalah mengantisipasi seandainya hal itu terjadi, seperti memprediksi masa depan. Memprediksi masa depan memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan manusia, diantaranya mempersiapkan diri untuk perubahan-perubahan yang akan terjadi, memilih masa depan yang dikehendaki, mencegah hal-hal merugikan yang mungkin terjadi, dan menyesuaikan cita-cita dengan perubahan mendatang. Hal ini bisa diimplementasikan pada kebutuhan bumi kita di masa mendatang.

Global warming yang terjadi dapat meningkatkan muka air laut tidak menutup kemungkinan bahwa bumi kita di masa depan akan tenggelam. Hal ini mendasari banyak futuris untuk mulai memikirkan konsep kehidupan di masa depan, salah satunya adalah kota bawah air. Ada 5 contoh konsep kota bawah air dari sekian banyak konsep yang ada yang dibuat oleh para futuris yang tersebar di seluruh dunia yang dapat dipikirkan konsepnya untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi di masa depan, di antaranya adalah Sub-Biosphere 2, The Gyre, Venice Biennale: Ocean City, Amsterdam’s Underwater Future, dan Water-Scraper Self-Sufficient Floating City.

Unduh Versi Lengkap : Summary Paper – Kota Bawah Air

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s