Paper – Proyeksi Supply-Demand dan Prognosis Pemenuhan Kebutuhan Energi Listrik di Indonesia


Paper – Proyeksi Supply-Demand dan Prognosis Pemenuhan Kebutuhan Energi Listrik di Indonesia

Anggota:

Muthahhari Wali Hidayatjati | 15413056

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia modern. Listrik sudah begitu terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk menjalankan tugas pekerjaan, belajar, maupun sekedar hiburan. Tidak terkecuali di Indonesia. Masyarakat Indonesia, terutama masyarakat perkotaan, sudah bergantung pada energi listrik untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kenyataannya, konsumsi listrik rata-rata Indonesia masih tergolong rendah, walaupun Indonesia disebut-sebut memiliki sumber daya alam berlimpah yang dapat dijadikan sumber energi listrik. Terkadang layanan listrik yang sedang berjalan mati, bahkan masih ada sebagian penduduk Indonesia yang belum merasakan mengalirnya listrik di rumah mereka. Jika sumber daya alam untuk menghasilkan energi banyak terdapat di Indonesia, apa yang masih kurang?

Dalam tulisan ini penulis berupaya menggambarkan keadaan kebutuhan dan pasokan listrik saat ini, mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap permintaan dan pasokan listrik di masa depan, dan memprediksikan cara untuk memnuhi kebutuhan listrik di masa depan.

Download Paper Versi Lengkap: Paper – Proyeksi Supply-Demand dan Prognosis Pemenuhan Kebutuhan Energi Listrik di Indonesia

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s