Bangun Pagi – Enggak Tidur Lagi


Beberapa teman suka nanya tips biar gak gampang tidur lagi pas habis solat subuh. Kebiasaan bangun pagi (subuh) emang udah keseharian pvg selain karena kebiasaan juga ada tuntutan kuliah always kebagian jadwal matkul pagi dari jaman tingkat 1 sampai sekarang.

Entah karena tidur terlalu malam atau memang kelelahan, bangun di subuh hari memang sulit dipraktikkan. Kamu yang Muslim dan menunaikan shalat 5 waktu, biasanya hanya bangun untuk shalat subuh saja. Habis itu? Tidur lagi!

Padahal sebenarnya, masih banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan di pagi hari lho. Jadi, sayang banget kalau terlewati begitu aja.

Nah pvg mau ngasih nih 10 tips supaya tidak gampang tidur lagi di pagi hari

1. Walaupun dingin, mandi sebelum shalat bagus untuk kesegaran tubuh

mandi di pagi hari memberikan kesegaran bagi tubuh

Air yang dingin sering membuatmu malas untuk mandi pagi. Padahal sebenarnya, dinginnya itu hanya akan terasa di guyuran awal saja. Setelahnya, tubuhmu akan menyesuaikan dan airnya tidak lagi terasa sangat dingin. Mandi pagi juga berguna untuk memperlancar peredaran darah. Setelah mandi, kamu pun akan merasa segar dan siap memulai kegiatan. Dijamin deh kesegarannya sangat terasa ketika kamu melaksanakan ibadah shalat dan setelahnya.

2. Lakukan ibadah lainnya. Sekalian menumpuk pahala ;p

kamu bisa mengisi waktu luang setelah shalat Subuh dengan ibadah lainnya

Kata ibumu: Abis shalat jangan lupa dzikir dan baca Al-qur an ya Dek.

Jawabmu: Iya Maaaa… *lalu tidur lagi*

Sayang banget kalau pagi hari nggak dimulai dengan hal positif. Mumpung masih pagi dan belum banyak aktivitas yang harus dilakukan, kamu bisa nih memanfaatkan pagi harimu dengan beribadah.

Menjelang siang hingga malam hari-harimu dipenuhi dengan aktivitas duniawi. Jadi, nggak ada salahnya dong memaksimalkan beribadah setelah shalat Subuh?

3. Kamu juga bisa membuat jadwal kegiatan yang ingin dilakukan selama seharian penuh. Biar hidupmu lebih tertata

Ngerjain skripsi dulu deh, abis itu baru bersih-bersih kosan. Hmm berarti jalan sama teman nanti sore aja.

Merencanakan hal apa aja yang akan dilakukan hari ini sangat membantumu menentukan prioritas. Secara nggak langsung kamu telah melatih bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Tugas-tugas pun dapat terselesaikan dengan baik. Nggak hanya itu aja, kamu juga bisa melihat apakah di siang atau sore nanti memiliki waktu luang yang bisa kamu gunakan bersama keluarga maupun teman-teman. Kalau nggak punya? Ya main-mainnya ditunda sampai besok. Dengan begitu, kamu pun nggak akan ketetran.

4. Masih pagi berarti semangat masih menggebu-gebu. Ada baiknya menyicil tugas

tetap semangat ngerjain tugas yang seabrek mumpung masih pagi

Badan yang masih segar di pagi hari sangat baik untuk digunakan beraktivitas. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengisi waktu luang setelah shalat Subuh dengan menyicil tugas-tugas yang belum selesai. Dengan semangat yang masih menggebu, tugasmu akan cepat selesai dan semakin mudah mengerjakan kegiatan lainnya.

5. Biar gak dibilang ketinggalan info, menonton berita terkini di pagi hari bisa diterapkan lho

nonton tv

Eh awas, jangan biarin air kotornya menggenang gitu di bak. Nanti kita kena virus Zika, lho.”

Virus Zika itu apa?”

Mengikuti perkembangan informasi dunia terkini memang perlu sebagai makhluk sosial. Perbincangan dengan orang sekitar seringkali menyangkut tentang peristiwa terbaru. Ada kalanya temanmu membutuhkan komentar atau opinimu mengenai isu tersebut. Untuk itu, nggak mau dong kamu ketinggalan berita dan mengecewakan lawan bicara? Lagipula, menonton berita menambah pengetahuanmu lebih luas.

6. Udara pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karenanya, cobalah jalan-jalan di lingkungan sekitar

walking around

Keliling komplek ah mumpung masih pagi belum ada polusi udara.

Udara di pagi hari masih jauh dari polusi. Karena itu, udara pagi sangat bagus bagi kesegaran tubuh dan pikiran. Kamu bisa ke luar rumah sebentar untuk berjalan-jalan di sekitar sambil menghirup udara segar. Adanya embun pagi juga memberikan efek positif untukmu memulai pekerjaan.

7. Gak cuma jalan-jalan aja, olahraga kecil juga bagus karena sirkulasi positifnya di tubuh dan dapat menjernihkan pikiran

Berolahraga bisa memberikan sirkulasi positif di tubuh dan menjernihkan pikiran. Nilai plus kalau kamu bisa konsisten berolahraga di pagi hari — kamu akan jadi termotivasi buat hidup lebih teratur dan rajin di semua hal. Lama-lama, gak ada lagi deh acara malas beraktivitas saat hari masih pagi.

8. Sarapan itu penting, walau hanya sekadar roti dan susu. Makanya, siapkan sarapan yuk!

sempatkan waktumu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan

Sarapan itu baik dalam memulai aktivitas karena di pagi hari inilah seluruh permulaan hidup dalam seharian penuh dimulai. Untuk memulainya, tubuh memerlukan energi yang didapat dari makanan. Nggak hanya itu, sarapan juga baik untuk meningkatkan konsentrasi otak lho. Sarapan juga bisa memperbaiki kadar gula yang menurun selama tidur. Otak pun memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang baik. Dengan demikian, aktivitas akan berjalan lancar dan penuh semangat.

9. Setelah beberapa kegiatan di atas dilakukan, saat agak santai kamu bisa lanjut mengecek email dan media sosial jika menunjangmu dalam beraktivitas sehari-hari

Apa-apaan sih? Baru juga sampai sini jam 6 pagi, eh nanti jam 10 udah dinas lagi aja ke luar kota.

Mengecek email dan media sosial ada baiknya dilakukan tidak terlalu sering. Jika terlalu sering melakukannya, maka dikhawatirkan berpengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh dan pikiranmu. Sebaiknya mengecek email dan media sosial ketika kamu ada waktu senggang. Misalnya saja? Di pagi hari.

10. Kalau rasa kantuk melanda lagi, ada baiknya tidur setelah matahari terbit

Kalau memang semalam begadang atau rasa kantuk menyerang tak tertahankan, ada baiknya kamu melanjutkan tidur ketika matahari sudah terbit, yaitu di atas jam 6.30 pagi. Pikiranmu pun akan tenang karena sebelumnya telah menyicil beberapa pekerjaan setelah shalat Subuh tadi.

Begitu banyak nikmat yang didapat dari kegiatan positif di pagi hari. Dengan tidak tidur kembali, berarti kamu telah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengatur pola tidur dan kegiatan. Tubuhmu menjadi lebih sehat dan otak dapat berpikir dengan jernih. Dengan begitu, kegiatan sehari-hari akan berjalan dengan lancar dan baik untuk dirimu.

Selamat mencoba tips-tips ini!

♥ ♥ ♥,

pinkvsgrey

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s