Your Idea Sucks – “Hilangkan Paranoid Memulai Startup”


“Your Idea Sucks” merupakan suatu acara untuk memfasilitasi para (calon) Startups ITB yang diselenggarakan dengan menggandeng Fenox Venture Capital dan Tech In Asia. Saya diberi kesempatan ikut berkontribusi dalam pembuatan artikel yang dirilis di website Tech In Asia. Siapa tahu ada yang berkenan membaca artikelnya secara lengkap di sini.

Your Idea Sucks

Pada kesempatan ini “YourIdeaSucks” bekerja sama dengan Fenox Venture Capital, KM ITB – TEC, dan ITB Innovator Movement mengadakan Seminar dan ‘Startup Idea Counseling’. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB di Kampus ITB Ganesha (Rabu, 9/9).

Nazier Arifin, MC Acara “Your Idea Sucks”, perwakilan dari Fenox Jakarta, membuka acara dengan santai dan memperkenalkan para pembicara diantaranya Kyle Kling (Vice President of Bussiness Development, Fenox Venture Capital), Nathanael Faibis (Founder of alodokter.com), Martin Kurnadi (CEO and Co-Founder of Geeknesia), dan Muhammad Ajie Santika (CEO and Co-Founder of Tinker Games).

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

Latar belakang diselenggarakan acara “Your Idea Sucks” adalah  kepercayaan bahwa Startup memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan orang banyak serta untuk membangun dan mendukung ide-ide. “Your Idea Sucks” sebenarnya memiliki beberapa bagian di antaranya: (1) Berbagi ide, (2) Mendiskusikan Ide, (3) Mengetahui dan menyadari ide.

Oleh sebab itu, “Your idea Sucks“mengadakan sharing section dalam bentuk seminar dan melengkapinya dengan lakukan mentoring antara para mahasiswa, para calon dan/atau startup muda, dengan para pembicara. Mentoring dilakukan dalam wadah Idea Counselling.

Don’t do a startup, you will fail.

Pembicara pertama, Kyle Kling (Vice President of Business Development, Fenox Venture Capital) memulai seminar dengan cara membuka mata para peserta tentang alasan-alasan dibalik Startup SUCKS. Dalam presentasinya, Kyle memberikan bayangan tentang dunia STARTUPS agar para peserta, terutama startups muda, tidak terlarut dalam euforia sebab menjalankan startup tidak se-instan dan mudah melakukan ‘boom’ besar. Tidak ada cara atau rumus mutlak untuk memulai dan menjalankan sebuah startup. Dalam seminar acara “Your Idea Sucks” ini yaitu para speakers bergantian memberikan tips and trick untuk terjun ke dunia startup yang sesungguhnya:

  1. You are a WANTrepreneur − Pelajari kebiasaan para Entrepeneur sukses, terutama cara mereka ‘membebanting tulang’ agar kita bisa sesukses mereka.
  2. You are a Fat dan Lazy Slob − Everything never comes easy. Tinggalkan kebiasaan malasmu untuk melangkah maju dan menyongsong inovasi-inovasi baru.
  3. You have a BUSSINESS PLAN, but no product and no consumers − Di dunia startup tidak hanya ‘tok’ terpaku pada bussiness plan yang sudah dirancang sedemikian rupa.
  4. You have The Awesome Solution… to a PROBLEM that does not exist − Mari sama-sama buka mata-buka pirikiran-buka hati dengan lingkungan kita. Sebab untuk menjalankan startup yang sukses tidak sekadar mencari keuntungan finansial semata.
  5. Your Team Sucks, and You Have No Idea How to Hire (or Fire) − Memang diperlukan ketegasan dalam menjalankan sebuah bisnis.
  6. CoFounder & Employees = Whineers − Jika dilihat dari sisi positif, ‘rengekan’ mereka bisa jadi input yang baik untuk keberjalanan.

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

Every Big Problem is a Big Opportunity – Kyle Kling (Vice President of Bussiness Development, Fenox Venture Capital)

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

The brilliant ideas (STARTUPS) is important. However, THE MOST IMPORTANT part is the PROCESS to make THE IDEAS can be carried out or implemented – Nathanael Faibis (Founder of alodokter.com)

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

A dream alone is only a dream.  A dream YOU DREAM TOGETHER is REALITY – John Lennon, The Beatles

Kutipan di atas merupakan quote favorit dari Martin Kurnadi (CEO and Co-Founder of Geeknesia). Geeknesia merupakan implementasi dari MIMPI BERSAMA antara Martin Kurnadi bersama Ikin Wirawan.

Fail fast, SUCCEED FASTER – Muhammad Ajie Santika (CEO of Tinker Games)

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

Bagi Ajie, peran sebagai CEO selain memimpin juga harus menyakinkan bahwa semua PROGRES sudah berjalan dengan baik sesuai rencana. Tidak bisa dinafikan bahwa bekerja di bidang startup memiliki banyak resiko. Resiko terbesar adalah KEGAGALAN. Jangan takut dengan resiko tersebut, niscaya KEBERHASILAN pasti di depan mata.

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia Acara “Your idea Sucks”, 2015

Idea Counselling dilakukan bersamaan dengan seminar. Para mahasiswa, startups muda, diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi tentang ide bisnis mereka selama acara secara 1-on-1. Ini merupakan kesempatan yang berharga apalagi para mentor merupakan pelaku startups yang sukses dan sibuk. Terlihat bahwa antusiasme peserta dalam Idea Counselling, beberapa peserta pun sempat mengutarakan ‘unek-unek’ dan rasa penasarannya akan dunia startups.

Saya sudah tertarik menjalankan BISNIS dari TPB (tingkat 1). Dengan adanya ‘Your Idea Sucks’ makin membuka pandangan saja soal STARTUP – Adib, Peserta

Dateng ke sini (acara ‘Your Idea Sucks’) jadi makin sadar ternyata saya masih belum apa-apa saat ini – Irvan, Peserta

“Your Idea Sucks” merupakan bentuk ini inisiasi dari berbagai pihak untuk mengajak MAHASISWA untuk lebih tertarik terjun sebagai STARTUPS.

Untuk informasi lebih dan mengajukan pertanyaan, silahkan menghubungi: sarahdinnao@gmail.com

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s