Warsoma Djohan, Dosen Kalkulus Terhebat dan Tergokil


 Halo readers,

Hari ini gue mau sedikit cerita tentang masa belajar di TPB (Tahap Paling Bahagia, plesetan anak ITB). Salah satu matkul yang harus kita kuasai dan jalani selama TPB adalah Kalkulus atau Matematika. Gue sih prefer nyebut nama matkul ini Kalkulus soalnya kedengaran lebih mahasiswa gitu dibandingkan mate. *sorry, sotoy*

So, gue mau berterima kasih kepada dosen kenamaan yang udah dikenal sebagai dosen tergokil dan ter-epic pas ngajar kalkulus se-antero ITB, pak Warsoma Djohan (WD) yang katanya singkatan dari Warung Soto Madura. Pertama kali dapet kelas kalkulus yang ada di pikiran itu menyeramkan dan pasti susah. Tapi ternyata pelajaran ini cukup menyenangkan, sebenernya sih menyenangkannya karena ada si dosen ini. Pak Warsoma ini dosen paling caleuy sedunia tapi always on time! Sering banget sebelum mulai kelas si bapak ngasih cerita caleuy karangan dia atau gak nayangin koleksi video-videonya juga ga kalah banyak dan kocak.

Pak Warsoma ini punya sistem yang unik untuk mengatasi mahasiswanya yang ngantuk. Sebelum kuliah dimulai Pak Warsoma ini pasti selalu bawa-bawa gayung yang berisi air ke kelas. Jadi kalau ketauan ada mahasiswanya yang tidur atau terkantuk-kantuk dia bakal langsung nyamperin mahasiswanya dan ngebanjur mahasiswanya pake air. Iya ngebanjur lo udah nggak dicipratin lagi. Kalau ada mahasiswanya telat dateng dikerjainnya kalau ga suruh nyanyi, suruh joget atau akrobat di kelas. Sempet bingung ini kelas kalkulus atau panggung komedi.

Terus ya Pak Warsoma ini orangnya iseeeeeeng banget. Sering banget asal ngasih nama mahasiswanya. Gara-gara mahasiswanya pake kerudung polkadot sampe akhir semester dipanggilnya “Si Totol”, terus ada yang dipanggil tukang sate, si bule, kribo, beng masterchef dll. Atau ngesms dan ngewhatsapp iseng mahasiswanya dan ngaku-ngaku sebagai siluman kucing.

Uniknya, Pak Warsoma ini ada obsesi jadi pembawa acara infotainment. Dari gosipin istri sama mertuanya, gosipin dosen-dosen dan TU, sampe gosipin rektor *cuma bercanda tapi*. Terus Pak Warsoma ini seneng banget asal ngejodohin mahasiswanya, jodohinnya ga kira-kira lagi.

Selain itu, beliau merupakan sosok dosen yang gaul abis dan awet muda banget. Bayangin selain pinter ngajar beliau juga ciamik mengatur akun ftp2.math.itb.ac.id salah satu situs ftp kece di ITB. Di ftp tersebut selain bisa download materi kuliah kita juga bisa buat akun ‘spesial’ untuk mengakses ke semacam komunitas yang bisa saling sharing film-film, lagu-lagu dari mulai yang paling jadul sampai kekinian, musik musik mozart waltz juga ada, anime jepang juga ada, lengkap bangetlah, download film box office juga lengkap. Gue sampai bingung mau download apa sangking hampir komplitnya itu ftp. Oh iya buat bisa dapat akses ‘spesial’ kita tinggal minta tolong ke pak WD untuk membuat akun cukup via sms atau whatsapp. Kece kan via whatsapp, man!

 

image

Pak Warsoma lagi ngajar *serius mode on*

 

image

Pak Warsoma ‘ngeliput’ :))) , dosen ter-epic se-ITB, di hari terakhir kuliah. Mana ada coba dosen lain yang bawa kamera profesional ke kelas buat video komentar tentang dirinya (narsis emang :p), hobi ngeguyur mahasiswa yang tidur dengan gayung curian dari WC, masukin foto Dewi Persik dan Desi Ratnasari ke slide, screensaver laptopnya SNSD, ngepoin mahasiswa-mahasiswanya dan masih banyak kegilaan lainnya.

Sesemester (dan cukup sesemester ajah) belajar kalkulus sama Pak Warsoma memang memberikan banyak kesan. Pertahankan Pak semoga cita-cita bapak untuk masuk surga tercapai.

Doakan kami LULUS Kalkulus Pak!

2 Comments Add yours

  1. asadurrohman says:

    hahaha, gw FTTM 2007, dulu dapet dosen Kalkulus I dan II nya Pak Warsoma juga. Emang gokil nih orang. Abis baca tulisan lu gw jadi tau kalo beliau semakin “gila” hahahha

    alhamdulillah berkat ngajarnya yang asyik, gw Kalkulus I dan II dapet A semua

    Like

    1. pinkvsgrey says:

      Setuju brooo🙂

      Liked by 1 person

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s