Akses Internet Hotspot ITB Untuk Smartphone Android


Selamat Siang readers,
Hari ini gue punya kabar gembira untuk kita semua, khususnya untuk civitas academic ITB. Sebagaimana kita ketahui bahwa Hotspot ITB resmi bisa digunakan secara gratis di seantero ITB tanpa bayar aktivasi akun AI3 lagi dan aktif terus sampai batas akhir perkuliahan kita di kampus. Selama ini yang civitas tau bahwa akses hotspot ini hanya bisa digunakan untuk PC, laptop, dan macbook. Dan ternyata baru-baru ini *sebenernya infonya sudah lama sih* akses internet hotspot ITB bisa dipergunakan untuk gadget smartphone Android kita semua. Berhubung pinkvsgrey pengguna smartphone Android jadi baru bisa sharing cara aktivasi android dulu kalau yang iphone user,  pinkvsgrey belum bisa sharing cara settingnya soalnya gak punya haha…. *silahkan coba sendiri atau tanya ke temennya ya*
Layanan Akses Internet merupakan layanan yang diberikan ITB untuk mengakses Internet dari jaringan ITB. Untuk dapat menggunakan Layanan Akses Internet, user harus memiliki akun INA dalam kondisi aktif. Informasi selengkapnya mengenai askes Internet dan Proxy.
Well, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi DRONY di Google Play/ Play Store.

Screen Shot 2015-02-03 at 11.28.56

Setelah di-instal, maka dilanjutkan dengan setting proxy ITB
1. Unduh aplikasi Drony dari Google Play Store
2. Hubungkan Wi-Fi Telepon Pintar Android dengan akses poin (Contoh: Hotspot ITB)
3. Pastikan tidak ada pengaturan proksi pada akses poin yang digunakan
4. Buka Aplikasi Drony
Screenshot_2015-05-05-13-06-23
5. Geser kiri ke bagian Setting
Screenshot_2015-05-05-13-06-31
6. Pilih Wi-Fi
7. Pilih Nama Akses Poin (contoh: Hotspot ITB)
Screenshot_2015-05-05-13-06-45
8. Pada bagian Hostname isi ‘cache.itb.ac.id’ tanpa tanda petik
Screenshot_2015-05-05-13-07-31
9. Pada bagian Port isi ‘8080’ tanpa tanda petik
Screenshot_2015-05-05-13-07-36
10. Pada bagian Username isi Username AI3
Screenshot_2015-05-05-13-07-44
11. Pada bagian Password isi Password AI3
Screenshot_2015-05-05-13-08-02
12. Pada Bagian Proksi pilih Manual
Screenshot_2015-05-05-13-07-00
13. Balik ke tampilan awal dan pilih ON
Kalau kira kira mau mangunduh caranya *biar gak lupa lagi* sila klik *untuk mengunduh versi pdf* -> Panduan Setting Proxy ITB di Drony Smartphone Android
Sekian,

Happy surfing (in internet world)! 

♥ ♥ ♥,

pinkvsgrey

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: