Pikiran Rakyat Ohle Goes To Kampus ITB 2015


Pikiran Rakyat Ohle Goes to Kampus

“Media Cerdas, Cerdas Bermedia”

Sabtu, 11 April 2015

ohle PR

Pada Sabtu (11/04/15) kembali diadakan Talkshow dan Studium Generale bertajuk ‘Media Cerdas, Cerdas Bermedia’. Talkshow yang bertempat di Aula Barat ini bersesuaian dengan event dari Harian Umum Pikiran Rakyat “Ohle Goes To Kampus” ke beberapa universitas di Bandung dan Institut Teknologi Bandung adalah kampus kelima yang dikunjungi dalam kegiatan ini. Pembicara dalam acara ini antara lain Islaminur Pempasa (Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat), Rahim Asyik (Redaktur Pelaksana Harian Umum Pikiran Rakyat), H. Wan Abbas (Direktur PRFM), Zaky Yamani (Redaktur Desk Provinsi Jawa Barat Pikiran Rakyat), dan Ag. Tri Joko Her Riadi (Wartawan Berprestasi Pikiran Rakyat). Acara tersebut dihadiri pula Perdana Alamsyah (Direktur PT Pikiran Rakyat) dan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor ITB). Selain memberi pengetahuan mengenai dunia media massa dan jurnalistik, diadakan juga kelas jurnalistik dan fotografi bagi para mahasiswa di Auditorium Campus Center (CC) Timur pada hari yang sama.

CAM01503

Media menjadi sebuah pilar penting bagi kehidupan masyarakatnya. Masyarakat dan media perlu sama-sama cerdas karena saling mempengaruhi. Media yang cerdas membuat masyarakat menjadi cerdas, begitu juga sebaliknya. Bagi Perdana Alamsyah, media menjadi sarana untuk melahirkan gagasan dan pikiran baru. “Media adalah tempat lahirnya gagasan dan pikiran yang bisa membawa bangsa ini tumbuh besar,” ungkapnya. Begitu juga yang diungkapkan oleh Prof. Kadarsah Suryadi, pemikiran dan gagasan tersebut yang perlu dipublikasikan agar hasil pemikiran dosen maupun mahasiswa bisa diketahui masyarakat. Menurut Kadarsah, Dalam hal inilah ITB perlu bersinergi dengan masyarakat luas dan media, agar tujuannya menjadi entrepreneurial university yang memecahkan permasalahan masyarakat bisa terwujud.

CAM01511

Tema kecerdasan media dan cerdas bermedia diangkat melihat era digital yang menggerus tingkat kepercayaan sebuah media. “Jika media tidak jelas, masyarakat juga jadi tidak jelas,” ungkap Islaminur. Baginya, masyarakat perlu memiliki media yang berkualitas baik. Gempuran era digital yang kian deras diharapkannya tidak menyesatkan publik. Beberapa cara yang disampaikan Islaminur untuk mempercayai sebuah berita antara lain kelengkapan narasumber, data dan fakta yang ditampilkan, serta kredibilitas dari pembuat media.

Media cetak, meskipun bersaing dengan media digital, selama ini masih digunakan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mengenai media partisan yang kini marak beredar, bagi Islaminur, kurang bisa mencerdaskan masyarakat. Ia mengungkapkan bahwa masyarakat akan cerdas bila diberi alternatif informasi. Sedangkan media partisan hanya menyediakan satu sudut pandang.

CAM01515

Zaky Yamani, melihat tradisi membaca yang berada di masyarakat sudah berbeda. Masyarakat lebih cenderung membaca bacaan-bacaan yang singkat. Menurutnya, pembaca haruslah menyaring informasi yang dibutuhkan dan mengonfirmasi kebenarannya. Hal tersebut juga menjadi masukan bagi wartawan sehingga harus memiliki bekal yang lebih banyak dalam mencari dan memberikan informasi.

Salah satu wartawan Pikiran Rakyat, Joko, menyampaikan bahwa untuk cerdas bermedia, harus bisa memilih berita yang akan dikonsumsi. Menanggapi topik media cerdas, Joko menyoroti kondisi media digital yang menulis berita hanya dengan secukupnya atau kurang mendalam. Kedalaman berita tersebut dianggap bisa menambah dan memperdalam pengetahuan pembaca. Selain untuk pengetahuan, Joko biasanya menulis untuk memberikan suatu nilai pada masyarakat melalui beritanya. Melalui tulisan yang komprehensif, pembaca akan memperoleh pelajaran yang memiliki nilai. Contohnya adalah tulisannya yang memenangkan Anugerah Adinegoro ‘Menyoal Anggaran Pendidikan 20 Persen’. Begitu juga yang diungkapkan Zaky, “Dengan membaca, anda akan kaya secara materi, spiritual, dan intelektual,”.

Mereka berharap masyarakat bisa mandiri dan mendapat pengalaman serta pengetahuan baru melalui media yang cerdas. Ia juga berpesan kepada mahasiswa, “Mahasiswa harusnya membangun idealisme salah satunya melalui banyak membaca, karena dengan membaca akan lebih peka terhadap lingkungan dan bisa merespon isu,” tutupnya.

IMG_20150411_195331

Setelah acara talkshow berakhir sekitar pukul 12.30 WIB, acara dilanjutkan dengan kelas jurnalistik dan fotografi yang diadakan pada pukul 13.30 WIB di Auditorium CC Timur ITB. Acara kelas jurnalistik dan fotografi berlangsung selama 3 jam dan dipandu oleh dua orang pembawa acara yang merupakan crew Radio Kampus ITB, Asyrafinafilah Hasanawi (Filah) dan Jalu Setya Pradana (Jalu).

CAM01522

Kelas jurnalistik dan fotografi dibagi menjadi 3 sesi yakni, kelas jurnalistik dengan pemateri Ida Farida dari Harian Umum Pikiran Rakyat, Tips Dunia Kerja dengan pemateri Lia Nurbayani dari PT. Daya Adicipta Mustika, dan kelas fotografi dengan pemateri Dudi Sugandi dari Harian Umum Pikiran Rakyat. Kelas ini tidak seperi kelas pada umumnya, di dalamnya terdapat banyak interaksi antara pemateri dengan para mahasiswa.

IMG_20150411_195134

Selain itu, panitia bekerja sama dengan pihak Harian Umum Pikiran Rakyat menyediakan banyak doorprize untuk para peserta kelas yang aktif berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari pemateri. Kelas diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang dan ditutup oleh pembaca acara tepat pukul 16.00 WIB.

CCYxu1TUwAAg56k

Sebagai penutup kami juga berfoto bersama dengan ketiga orang pemateri dan seluruh peserta yang memenangkan doorprize.

2015-04-11-18-00-38_deco

Dengan adanya acara Ohle Goes To Kampus, saya mendapatkan kesempatan menjadi pembaca acara di ITB untuk pertama kalinya. Terima kasih Direktur Utama Radio Kampus ITB (Kak Menel, paling kiri), Marketing Communication Pikiran Rakyat (Kak Aira, tengah), partner MC (Jalu, the only cowok), dan Marketing Radio Kampus ITB (Wisely, paling kanan).

Salam hangat.

♥ ♥ ♥,

pinkvsgrey

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s