9/365 – History of God (Buku Sejarah Tuhan)


Di sisa-sisa liburan semester ini gak ada salahnya buat sedikit me-refresh otak dengan cara membaca buku. buku yang dibaca hari ini berdasarkan rekomendasi dosen matakuliah Asduk (analisis kependudukan dalam perencanaan, read.) sekaligus dosen wali saya, Bapak Hastu Prabatmojo. Beliau pernah menerangkan bahwa hal yang bisa menghambat pertumbuhan penduduk di suatu wilayah baik itu dalam lingkup suatu negara atau dunia adalah kepercayaan/ agama/ religion yang dianut oleh penduduknya. Ada agama yang memperbolehkan sistem kontrasepsi atau mengurangi jumlah anak dan sebaliknya atau pronatalis. Sehingga tugas kami sebagai planner juga harus mempertimbangkan keadaan yang berhubungan dengan penduduk seperti agamanya. Sedikit nyeletuk beliau mengatakan untuk mencoba membaca buku karangan Karen Armstrong yang berjudul Masa Depan Tuhan.

Sedikit penasaran saya sudah coba searching mengenai buku tersebut. Buku Masa Depan Tuhan adalah sekuel dari buku pertama yang judulnya “Sejarah Tuhan (History of God)“. Menurut saya akan lebih baik membaca buku pertamanya dulu baru lanjut ke sekuelnya.

Sebanarnya buku aslinya pernah dijual di Reading Lights. Sayangnya saya keduluan untuk membooking order dan gagal mendapatkan yang versi bahasa Inggris. Jadinya saya terpaksa mencari yang versi terjemahan bahasa Indonesia di toko buku-toko buku terdekat seperti Gramedia, Rumah Buku, atau Togamas.Tidak sulit untuk mencari buku ini. Terkadang beberapa perpustakaan juga mempunyai koleksinya. Namun, baru akhir tahun kemarin, saya ada niatan untuk membaca buku Sejarah Tuhan. Cover bukunya (versi Gold) terbitan Mizan cukup membuat penasaran apalagi dengan titel best seller. Lengkap sudah. Walaupun agak tebal tapi gak akan bosan untuk menamatkannya (menurut saya sih gitu).

Berikut sinopsisnya (semoga gak terlalu subjektif):

Sejarah Tuhan, Karen Armstrong

SEJARAH TUHAN : KISAH PENCARIAN TUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG- ORANG YAHUDI, KRISTEN DAN ISLAM

Di terjemahkan dari

A History of God : The 4.000-Year Quest of Judaism, Christianity and Islam

Karya : Karen Armstrong

Copyright © 1993 oleh Karen Armstrong

Terbitan Ballantine Books, New York

Hak Terjemahan Bahasa Indonesia pada Penerbit Mizan

Karen Armstrong yang dulu adalah seorang biarawati dan kemudian meninggalkan ordo nya, kini lebih terkenal sebagai pemerhati dan komentator agama-agama dunia. Sudah banyak buku yang ia tulis yang mengangkat tema keagamaan dan juga biografi tokoh agama seperti Nabi Muhammad dan Sidharta Gautama. Kali ini dalam Sejarah Tuhan (Gold Edition diterbitkan Mizan tahun 2012) Armstrong membahas dengan lugas, secara gamblang namun mudah dipahami tentang tiga agama monotheis terbesar di dunia: Yahudi, Kristen dan Islam.

Buku ini merupakan buku lawas yang diterbitkan sekitar tahun 1993. Namun tema dalam buku ini sangat menarik. Karena membahas tentang tema sakral menyangkut pokok asal-usul Tuhan yang tetap relevan sampai dalam era kita sekarang. Dalam buku ini Karen Armstrong tidak menceritakan tentang bagaimana Tuhan itu terlahir dan ada, –karena hal tersebut mustahil untuk di kaji— tapi lebih menitikberatkan pada sejarah konsepsi manusia tentang Tuhan. Yaitu bagaimana awal manusia menemukan Tuhan sesaat manusia berhubungan dengan hal yang gaib pada masa awal-awal peradaban manusia. Juga campur tangan Tuhan terhadap peradaban manusia sehingga mempengaruhi kebudayaan dan teologi mereka.

Dalam bab pendahuluan ada secuil kisah ketika Armstrong berada dalam sebuah ordo Katolik dan keluarnya dari ini yang melatarbelakangi ia menulis Sejarah Tuhan. Cerita ini menjadi awal yang menarik dan juga pembukaan dari pembahasan yang panjang dan padat akan buku ini. Bab-bab berikutnya adalah komentar Armstrong tentang sejarah “pencarian Tuhan” yang bermula dari agama-agama politheisme Mesopotamia dan bagaimana keyakinan mereka bersinergi dengan kisah pencarian Tuhan oleh Abraham dan sejarah awal Yudaisme. Pembahasan kemudian berlanjut dalam sejarah iman Kristiani dan bagaimana konsepsi Trinitas menjadi diterima dalam keyakinan Kristen. Agama terakhir yang dibahas adalah Islam dan hubungan agama yang dibawa Rasulullah ini terhadap 2 agama sebelumnya.

Tak hanya tentang sejarah Tuhan yang muncul dalam Yahudi, Kristen dan Islam saja namun Armstrong juga membahas tentang Hindu, Buddha, serta perkembangan spritualisme dalam ketiga agama monoteisme tersebut terutama dalam hal filsafat dan mistikisme. Menariknya Armstrong menerangkan bahwa sufisme Islam mempengaruhi juga Kabbalah Yahudi. Terakhir Armstrong memberikan penjelasan tentang wajah ketuhanan yang baru dalam era Pencerahan, fundamentalis dan revolusi modern. Hal ini ditutup dengan komentarnya tentang bagaimana nasib Tuhan dan agama di masa sekarang.

Armstrong dalam bukunya memberikan pemahaman yang lebih luas akan sejarah agama samawi. Sangat seru untuk jadi bahan diskusi. Buku yang patut dibaca semua orang agar menyegarkan kita kembali tentang makna sejarah atas ketuhanan itu sendiri dan bagaimana lika liku perkembangan agama di dunia.

—–

Bagaimana menarik kan?

Semoga yang sudah membaca buku ini setuju dan orang-orang di luar sana bisa berkesempatan membaca Sejarah Tuhan juga.

Akhir kata. SELAMAT (MASIH) LIBURAN!!!!

Wassalam.

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s