7 Jaringan untuk Pekerjaan Baru


Mendapatkan pekerjaan bisa menjadi tantangan yang besar, terutama jika itu adalah pekerjaan pertama Anda.

Ketika melamar pekerjaan, pikirkan pasar kerja di daerah Anda dan berapa banyak orang yang akan melamar lowongan pekerjaan yang diiklankan di berbagai media. Ingat, semua pelamar adalah pesaing Anda.

Memiliki jaringan terbukti cukup membantu seseorang dalam mendapatkan kerja. Sebenarnya, setiap orang yang Anda kenal bisa menjadi pendukung dan rujukan Anda dalam membangun karier. Pertimbangkan beberapa hal berikut untuk membantu membuka jalan Anda mendapatkan pekerjaan baru.

1. Konsultasikan dengan agen perekrutan

Bertemu lah dengan agen rekrutmen pegawai dan diskusikan kesempatan kerja Anda. Agen dapat langsung memasarkan Anda ke kontak mereka. Selain itu, para agen juga biasanya mengetahui beberapa pekerjaan yang tidak diiklankan sehingga mereka bisa menghubungkan Anda secara langsung dengan perusahaan yang sedang membutuhkan. Demikian  seperti dilansir laman Careerealism, Rabu (25/6/2014).

2. Gunakan LinkedIn
“Jual” profil sosial media Anda ke pasar tenaga kerja. Jaga hubungan dengan teman dan kolega Anda, dan minta mereka untuk merekomendasikan, mempromosikan keahlian Anda, dan memperkenalkan Anda dengan kontak baru yang potensial. Anda juga bisa berlangganan layanan lowongan kerja via email.

3. Manfaatkan teman, keluarga, dan kenalan
Semua orang-orang ini juga dapat menjadi sumber informasi yang baik. Anda memiliki banyak orang yang bisa melihat pekerjaan untuk Anda dan menghubungkan Anda ke jaringan mereka.

4. Ikut pelatihan
Mengikuti pelatihan yang sesuai dengan dengan jalur karier dan memungkinkan Anda bertemu perwakilan perusahaan yang Anda tuju akan menempatkan Anda selangkah lebih maju dari pelamar lainnya. Banyak perusahaan besar yang memberikan pelatihan-pelatihan di kampus dan mempekerjakan lulusannya.

5. Bergabung dengan klub
Klub olahraga seperti golf, tenis, ski, hiking dan klub renang memberikan peluang besar untuk membuat Anda terhubung dengan berbagai jaringan. Di klub-klub tersebut, ada saja orang yang berwenang membuat keputusan rekrutmen pegawai. Anda juga bisa meminta kepada teman-teman untuk mengundang Anda menghadiri klub swasta dan organisasi.

6. Temukan Mentor
Bekerjalah dengan mentor yang dapat merekomendasikan Anda untuk suatu pekerjaan.

7. Buat pelanggan Anda terkesan
Jika Anda sudah bekerja dan berhadapan dengan banyak pelanggan, maka tunjukkanlah kompetensi Anda dengan sungguh-sungguh. Siapa tahu, di antara mereka ada yang tertarik dengan kinerja Anda dan berminat merekrut Anda sebagai pegawai di perusahaannya.

Mendapatkan pekerjaan pertama dan terakhir dalam karier Anda bisa menjadi tantangan yang paling sulit. Ingatlah bahwa pekerjaan yang Anda inginkan, menunggu Anda. Gunakan kontak baru dan yang sudah ada untuk menemukannya.

Semoga beruntung dan selamat berburu kerja!

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s