Esai Untukmu Kawan


Sudah lama saya merencanakan membuat sesuatu buat kawan yang sudah lama saya kenal, dari smp, sma hingga sekarang dia menjadi kaka tingkat saya, Whytia Shabrina. Dialah yang mulanya memberi ide untuk mulai nge-blog hehe (iya kan, Why??)

“Jalan untuk menjadi kaya sedatar jalan menuju pasar. Jangan sia-siakan waktu maupun uang, gunakanlah keduanya sebaik mungkin” -Benjamin Franklin-

Kita hidup di zaman penghamburan uang dan waktu. kesembronoan dan ketidakacuhan yang umum terjadi terhadap nilai waktu dan uang adalah tragedi maha dahsyat masa ini. Penyia-nyiaan waktu dan penghamburan uang untuk berbagai hiburan omong kosong dan berbagai kebiasaan buruk lainnya adalah tanda kegagalan tertentu.
Meskipun punya cita-cita untuk sukses dalam hidup, tetapi kebanyakan lelaki dan wanita muda menempuh perjalanan hidup dengan cara yang nampaknya tak memungkinkan mereka mencapai sukses. Waktu dan uang yang dibuang-buang karena tercipta standar yang keliru, gambaran yang salah dan nilai-nilai yang menyimpang. Mereka mencari-cari kebahagian di luar dirinya, padahal kebahagiaan yang hakiki ada di dalam dirinya. Pengeluaran untuk meminum dan berbagai hiburan tak berarti, jauh melampaui pengeluaran untuk peningkatan diri. Tak ada jalan untuk mencapai sukses, bila kita menyerahkan diri pada kegagalan.
Kita hanya memiliki satu hidup untuk kita jalani. Kita hanya mempunyai dua pilihan dalam hal ini, yakni kita meningkatkan hidup itu atau kita merendahkannya. Yang menyebabkan partai kehidupan dipenuhi oleh sampah dan kapal rongsok adalah banyaknya orang yang menjalani kehidupan tingkat rendah. Bila kita menyia-nyiakan waktu, maka tak salah lagi bahwa kita telah menyia-nyiakan kehidupan itu sendiri.
Kehidupan kita hari ini adalah hasil dari perbuatan kita lakukan kemarin, dan hari esok merupakan produk kerja kita hari ini. Yang kita dapatkan dari hidup tergantung pada persiapan yang kita lakukan, untuk menjadi sukses atau gagal. Kita tidak boleh membiarkan waktu begitu saja berlalu. Sebaliknya, kita harus menggunakannya untuk mendapatkan pengetahuan dan daya yang merupaka harta karun yang tak bisa dicuri orang lain dari kita.

Bukan maksud saya untuk sok atau menggurui tapi memang inilah yang masih sangat hangat di kepala. Mungkin cukup sekian, selamat menempuh Hidup selama 19 tahun 2 bulan Why🙂

whytia

What is your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s