#AngkotDay by @risetindie


Tanggal 20 September lalu merupakan hari di mana sejarah baru tercetak di kota Kembang yang sudah saya singgahi lebih dari 13 tahun. Yah, memang dunia transportasi kota yang dahulu terkenal akan kembangnya perlu sedikit sentuhan manis.

angkotday_poster

Kegiatan #AngkotDay (duh sori jadi kebiasaan nulis hashtag pas livetweet atau livereport) itu berrtujuan untuk meriset atau meneiliti tentang, transportasi yang sudah tidak asing lagi, ANGKOT. Mengapa angkot kenapa ga bus damri atau ojek??? yang jelas transportasi yang membumi dan mudah didapati adalah angkot (betul betul betul), kalau bis kan mesti nunggu dulu buat bisa jalan atau naik dan biasanya tidak banyak gejolak di dalam dunia per-bis-an, dan yang terakhir sepertinya saya tidak perlu menjelaskan mengenai ojak kan .-.

HOHOHO sori ya kalau misalnya malah buat blunder takutnya info saya di atas salah silahkan baca dan cermati ini lengkapnya di angkotday.info

Ada yang penasaran ga sih kenapa saya ikutan kegiatan beginian?? (berharap ceritanya, saya kan kesepian, drama banget…. :’) ) Sebetulnya saat acara oskm sebulan silam saya mendapat materi seminar dari berbagai kalangan seperti menteri, kelompok pecinta alam, dan penutupnya dari @risetindie . kalau mau tau lebih lengkapnya liputan hari itu silahkan dibaca deh (Cerita Maba)

Ternyata eh ternyata konsep dari risetindie itu sendiri sangat saya sukai. Mereka membuat perkumpulan yang awalnya beranggotakan teman-teman sebaya seperjuangan pas kuliah. Setelah beberapa tahun bekerja, mereka merasa perlu membuat komunitas yang bisa menyatukan dan menampung gagasan unik mereka. Jadi, lahirlah risetindie sebagai wadah kreativitas dan “bersenang-senang” mereka. Selain alasan itu, mereka sangat terbuka, bebas, ga terikat, dan woles (slang: santai). Apalagi sudah banyak projek yang dikerjakan selama ini di sela-sela kegiatan mereka selain bekerja tentunya.

Yah, terjebak di lingkungan yang ternyata asik, membuat saya rajin ikut gathering para relawan, waktu itu saya memilih menjadi co-driver (bahasa gaulnya kenek =)) ) tergabung dalam kelompok Anti Ngetem, yang beranggotakan kurang lebih 9 orang. Wah, sabi banget deh😉

ini dia foto pas kumpul di BCCF Bandung

CAM00195[1]

Pas hari H kami segenap para relawan #AngkotDay (ada Jendral, Kumendan, tim cepat tanggap, tim konsumsi, tim dokumentasi, tim info, dan tentu saja tim co-driver) mulai berkumpul di terminal ada yang di DAgo ada yang di Kalapa. Kami mulai acara sekitar jam 5 pagi sampai nanti jam 7 malam. Lumayan lah ngasih pelayanan sosial gretongan jadi bisa ngasah softskill spik hihi. Banyak banget ketemu orang deh hari itu, mulai dari mang angkotnya sendiri yang memang unik (saya naik angkot sekitar 6 rit selama lebih dari 6 jam kira-kira ada 12 supir angkot yang udah bercengkrama dengan saya), adek-adek kecil yang masih sekolah, ibu-ibu yang mau ke pasar (setelah tau angkotnya gratis malah ikut sampai terminal kalapa terus naik alagi ke arah dago -_- ), kakek yang masih semangat 45, bapak-bapak yang kerja serabutan, aa-aa yang mau kerja, teteh-teteh yang ngasuh anak, sampai bapak walikota Bandung yang baru, Ridwan Kamil, juga ikutan jadi supir angkot selama 1 rit (rutenya Terminal Dago-Terminal Kalapa dari sana balik lagi Ke Terminal Dago).

foto anak-anak SD yang main di angkot sambil nunggu sekolah siang (imut-imut yak :3 )

CAM00198[1]

ini foto pak Wali pas jadi supir (sori agak gelap mamen) :DD

CAM00196[1]

Terakhir saya sempat berfoto dengan salah satu relawan co-driver lainnya, Teh Mitha, Alumni Arsitektur 2009.

teh paramitha dan filah

Ga Akan Saya Lupakan Deh Tanggal 20 September 2013. Hari di mana saya bisa merealisasika rasa sayang saya terhadap Angkot (baca juga ceritanya: Dunia Dari Sudut Angkot)

Terima kasih,

Nantikan pembubaran panitia #AngkotDay beberapa minggu lagi yaaa.

To be continue….

Wassalam🙂

What is your opinion?

